Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » تجوّل المناطق: بانتين » Photo » Gerabah Bumi Jaya
Photo: Gerabah Bumi Jaya
بانتين
Gerabah Bumi Jaya

Gerabah Bumi Jaya

[2016-11-08 21:22:47, view 2443]

Gerabah Bumi Jaya berasal dari "Kampung Gerabah", di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kota Serang. Gerabah bumi jaya terkenal dengan kekuatanya karena tanah lempung sebagai bahan memiliki kualitas baik.

Gerabah Bumi Jaya tidak hanya menyebar luas ke pasar lokal, namun juga menjadi komoditas ekspor. Para pengerajin gerabah yang turun temurun membuat menjadi salah satu faktor kualitas gerabah Bumi Jaya terjaga. Keunikan lain gerabah Bumi Jaya yaitu tetap mempertahankan nuansa klasik meski jenis-jenis yang dibuat juga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Desa Bumi Jaya tidak jauh dari pusat Kota Serang, hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer ke arah timur. Akses dari pusat kota sangat mudah untuk menuju Desa Bumi Jaya. Dari Jalan Serang-Jakarta, Anda harus mengambil arah utara di perempatan Jalan Ciptayasa-Ciruas untuk mencapai "Kampung Gerabah".

Peminat gerabah Bumi Jaya bahkan berasal dari luar negeri. Di Indonesia, daerah yang aktif menjalin kerja sama dengan Bumi Jaya adalah Bali. Dari Bali ini kemudian gerabah Bumi Jaya bisa menembus pasar negara lain seperti Malaysia dan Australia.