Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » تجوّل المناطق: بانتين » Photo » Golok Ciomas
Photo: Golok Ciomas
بانتين
Golok Ciomas

Golok Ciomas

[2016-11-08 21:25:44, view 1391]

Golok Ciomas merupakan senjata khas dari Banten. Tidak berbeda dengan golok kebanyakan, golok Ciomas merupakan senjata tajam dengan bentuk golok pada umumnya. Golok ciomas sebagai senjata simpanan untuk membela diri. Golok ini dikenal sebagai senjata yang dibawa para jawara Banten saat zaman penjajahan dulu.

Nama "golok Ciomas" diambil dari wilayah bernama "Ciomas" yang merupakan asal pembuatan golok. Ciomas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Serang, terletak ke arah barat Kota Serang. Sangat mudah untuk menjangkau Ciomas. Dari Kota Serang banyak akutan kota yang langsung ke Ciomas. Jika Anda melihat angkot berwana kuning di Kota Serang, maka itu bisa membawa Anda ke Ciomas.

Bagi masyarakat Banten, golok biasa juga disebut "bedog". Namun, ada perbedaan bahwa bedog biasa untuk sebutan perkakas pertanian atau pertukangan. Untuk membedakan dengan bedog sebagai senjata, maka disebut juga "bedog Ciomas" yang langsung merujuk khusus untuk senjata.

Golok Ciomas memiliki keistimewaan dalam segi proses pembuatan. Hal itu pula yang memberikan nilai seni tersendiri bagi golok Ciomas. Tidak hanya sekedar tajam, pembuatan golok Ciomas mengikuti aturan-aturan tidak tertulis yang dilakukan dari generasi ke generasi sejak zaman Kesultanan Banten.