Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

Photo: Ilabulo
غورنتالو
Ilabulo

Ilabulo

[2016-11-11 21:55:51, view 666]
Ilabulo merupakan makanan khas Gorontalo, ilabulo ini biasanya digunakan untuk menemani lauk pauk untuk di makan dengan nasi, ilabulo sering dibuat dengan rasa yang pedas dengan bumbu-bumbu alami.

Ilabulo biasa disantap masyarakat Gorontalo pada siang hari sebagai makanan utama. Sekilas, Ilabulo mirip Pepes ala kuliner Sunda. Bedanya, Ilabulo menggunakan sagu dengan isian ati ampela. Rasanya gurih berkat pemakaian santan sebagai pengganti air untuk mengencerkan sagunya.

"Ilabulo dalam bahasa Gorontalo berarti sagu ati ampela. Dua bahan ini jadi kekuatannya, bila salah satu diganti, maka rasa keasliannya akan menghilang,"

Bahan-bahan yang digunakan adalah rempah-rempah yang terdiri dari dedaunan, seperti daun kemangi, daun seledri, dan daun bawang yang dirajang halus. Diberi pula bawang putih serta bawang merah yang diiris tipis. Bagi penyuka pedas, silakan ditambahkan cabai sesuai selera. Jangan lupa siapkan kemiri, lada, dan garam untuk memberi rasa. Untuk pemakaian santan, dirinya menyarankan memakai buah kelapa asli karena aromanya lebih tajam, bukan santan instan dalam kemasan.