Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Explore the Regions: Bangka Belitung » Photo » Rusip
Photo: Rusip
Bangka Belitung
Rusip

Rusip

[2016-11-07 22:37:56, view 270]

BERADA dekat laut alias wilayah pesisir, maka hidangan khas Muntok, Ibu Kota Kabupaten Bangka Barat, tak lepas dari penggunaan ikan laut. Bahkan, sambalnya pun dicampur dengan ikan. Adalah rusip yang merupakan makanan tradisional masyarakat Muntok dan sekitarnya. Rusip adalah sambal cocol yang terbuat dari ikan teri atau bilis. Cara pengolahannya yaitu ikan teri yang sudah dibersihkan, kemudian difermentasikan dengan garam hingga sekira seminggu. Jika masyarakat di Pulau Jawa umumnya menggunakan sambal terasi atau sambal dadak sebagai cocolan lalapan, masyarakat Muntok menggunakan rusip sebagai penambah selera makan dengan lalapan.

Ada dua pilihan cara menikmati rusip. Pertama, hasil fermentasi ikan teri, kemudian dimasak lagi dengan potongan bawang merah dan cabai. Atau langsung dimakan begitu saja sebagai cocolan. Cara yang kedua adalah dengan sepiring lalapan yang terdiri dari kol, mentimun, dan kangkung rebus bersama dengan semangkuk rusip hadir di meja makan. Rusip dengan potongan bawang merah, cabai rawit merah, dan dicampur perasan jeruk nipis.

Cocolan pertama masuk dalam mulut. Lagi-lagi rasa asin yang begitu tercecap di lidah, tapi tak dipungkiri pedasnya juga luar biasa. Rusip sangat cocok untuk dinikmati bersama nasi, agar rasa asinnya menyebar dalam nasi. Atau juga bisa dinikmati bersama ubi atau singkong goreng.