Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Explore the Regions: Maluku » Photo » Boi
Photo: Boi
Maluku
Boi

Boi

[2016-11-28 21:14:57, view 187]

Permainan yang satu ini merupakan permainan yang cukup sangat melelahkan, permainan ini bernama Boi. Tidak saya temukan sejarah yang menjelaskan darimana asal nama Boi ini sebagai identitas nama permainan ini, sedangkan Boi adalah salah satu nama negeri (kampung) di pulau Saparua, mungkinkah permainan ini berasal dari sana ?? . Permainan ini dimainkan oleh banyak orang mulai dari anak-anak, remaja hingga anak-anak muda.

Permainan ini dimainkan dengan cara menyusun batu yang permukaannya datar atau pecahan tehel rumah yang disusun hingga mencapai tingkat ketinggian setara lutut anak kecil atau bisa lebih selagi tumpukannya tidak jatuh karena terlalu tinggi kemudian tumpukan itu dilempar dengan bola yang aman (biasanya dipakai bola tenis). Para pemain yang ikut akan hompimpa untuk menentukan salah satu orang yang bertugas menjaga Boi atau tumpukan batu tadi. Yang terpilih akan berdiri dibelakang tumpukan batu dan pemain lain berbaris kebelakang pada jarak yang cukup jauh di depan tumpukan batu. Para pemain lain akan melempar tumpukan itu dengan bola secara bergantian.

Apabila ada pemain yang berhasil meruntuhkan tumpukan itu, maka pemain yang berjaga dibelakangnya harus segera mengambil bola itu dan melempar semua pemain lain sebelum ada pemain yang lain berhasil menyusun tumpukan batu tadi. Apabila semua pemain berhasil dilempar oleh dipenjaga sebelum tumpukan berhasil disusun, maka dia menang dan pemain yang pertama terkena lemparan bola akan menggati posisinya untuk menjaga tumpukan itu, namun apabila ada pemain yang berhasil menyusun kembali tumpukan itu sebelum semua pemain berhasil dilempar maka si penjaga dinyatakan kalah dan harus kembali menjaga tumpukan itu. Kekalahan si penjaga ditandai dengan adanya pemain yang berteriak “BOI” sebagai tanda bahwa tumpukan batu berhasil disusun kembali.