Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Explore the Regions: Maluku » Photo » Upacara Adat Abdau
Photo: Upacara Adat Abdau
Maluku
Upacara Adat Abdau

Upacara Adat Abdau

[2016-11-28 20:07:19, view 263]
Menyambut hari raya Idul Adha 1425 H, masyarakat Negeri Tulehu, Maluku Tengah, kembali mengadakan tradisi Abdau. Dalam upacara adat tersebut, masyarakat mengantarkan hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan tahunan tersebut juga diharapkan mampu menjadi perekat hubungan antarwarga Maluku yang pernah terlibat konflik.
Upacara Abdau di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, yang diselenggarakan bertepatan dengan hari raya Idul Adha, Jumat (21/1), merupakan tradisi pengantaran hewan kurban sebagai kaul negeri untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak.
Hewan kurban diantar dari rumah Imam Masjid Tulehu ke rumah Raja Negeri Tulehu dan selanjutnya diarak keliling negeri.Saat pengantaran hewan kurban tersebut, ratusan pemuda melaksanakan tradisi Abdau, yaitu berebut bendera yang menjadi simbol agama yang disimpan di masjid negeri. Perebutan bendera tersebut merupakan perlambang pengabdian generasi muda kepada Tuhan untuk siap melaksanakan perintah-Nya.
Untuk memperebutkan bendera tersebut, para pemuda harus beradu sekuat tenaga dengan ratusan pemuda lain. Banyak pemuda sampai terinjak- injak atau tertimpa oleh rekan mereka yang lain yang sengaja menjatuhkan diri dari atap rumah ke atas kerumunan pemuda yang berebut bendera tersebut.
Beberapa pemuda terluka hingga berdarah pada bagian kepala mereka, namun mereka tetap dipaksakan ikut dalam upacara tersebut. Demikian pula beberapa pemuda yang pingsan yang cepat disadarkan kembali untuk terus mengikuti upacara tersebut.
Raja Negeri (Kepala Desa) Tulehu John Saleh Ohorella berharap tradisi tersebut mampu membawa perdamaian di Maluku. Di Baileo Tulehu, pada 10 Februari 2003 lalu para pemuka adat (latupatty) mengadakan pertemuan yang menghasilkan tekad untuk menghentikan pertikaian bersaudara.