Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Explore the Regions: West Papua » Photo » Kayu Malele
Photo: Kayu Malele
West Papua
Kayu Malele

Kayu Malele

[2016-12-01 20:09:48, view 4431]
Permainan ini berasal dari Kabupaten Biak Numfor. Untuk memainkan permainan ini, kita membutuhkan media kayu sebagai tongkat dan anak tongkatnya. Tempat bermain ini diusahakan di tanah lapang yang cukup luas untuk menghindari kerusakan barang atau kecelakaan dari permainan ini. Step-step permainannya:

 

  • Bagi lah dua kelompok yang masing-masing kelompoknya berisi 3-5 orang. Kemudian menentukan kelompok yang akan bermain terlebih dahulu.
  • Letakkan kayu yang memiliki panjang 20 cm di atas permukaan tanah yang telah di lubangi. Perwakilan pemain akan memegang kayu sepanjang 50 cm di salah satu ujung kayu dengan kedua tangannya. Kemudian ayungkan lah kayu tersebut hingga mengenai kayu yang telah di tancapkan diatas tanah. Tugas pemain lain dalam kelompok itu harus menangkap kayu yang telah dilempar sebelum mengenai permukaan tanah. Jika kayu tidak dapat tertangkap, kelompok yang bermain akan melanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Letakkan kayu 20 cm secara melintang di atas lubang atau didalam lubang. Gunakan kayu sepanjang 50 cm tadi untuk mengangkat dan melemparkan kayu sejauh-jauhnya.Kelompok yang bermain ditugaskan untuk menjaga kayu yang telah di lemparkan. Jika tidak berhasil menangkap kayu tersebut maka, pelempar kayu wajib menghitung jarak antara posisi awal kayu hingga posisi dimana kayu tersebut itu jatuh. Cara menghitungnya, kayu yang berukuran 50 cm sebagai alat bantu menghitung. Seperti menghitung menggunakan jengkal tangan, hanya saja ini meggunakan kayu 50 cm tersebut. Setiap langkah memiliki nilai 5 atau 10 poin tergantung kesepakatan. Step-step akan diulang secara terus menerus hingga poin telah mencapai 1000 atau 5000 sesuai kesepakatan kelompok. Pemenang adalah kelompok yang mencapai poin tersebut lebih dahulu.