Beautiful Indonesia

Collected and Presented by University of Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Explore the Regions: Papua » Photo » Patah Kaleng
Photo: Patah Kaleng
Papua
Patah Kaleng

Patah Kaleng

[2016-12-01 17:31:43, view 297]

Tidak jarang kita melihat pemain Timnas adalah orang-orang yang berasal dari papua. Ternyata, sebelum sepak bola atau futsal di kenalkan kepada masyarakat papua, mereka telah melakukan permainan serupa yang di sebut Patah Kaleng. Bedanya, peraturan permainan ini tidak mengenal pencetakan Goal karena tidak menggunakannya gawang. Dengan begitu istilah Out dari lapangan dan gawang tidak berlaku dalam permainan ini.Step-step permainannya:

  • Bagilah dua kelompok dengan jumlah pemain yang sama rata. Tentukan lapangan bermain atau jalan depan rumah yang cukup luas. Siapkan bola atau benda bulat lain yang cukup mirip untuk menggantikan bolanya. Dan untuk melengkapi permainan ini, siapkan dua kaleng atau dua botol sebagai titik poin pelemparan bola.
  • Atur tempat kedua kaleng atau botol, sama seperti penempatan gawang. Seperti sepak bola pada umumnya, kaleng yang akan di tendang dengan bola berada di area lawan.
  • Bermain sama seperti sepak bola pada umumnya, hanya saja untuk mencetak poin harus menendang bola hingga kaleng atau botol tersebut terjatuh. Bermain hingga poin kemenangan yang telah ditetapkan/diatur oleh para pemain.