Beautiful Indonesia

Collected and Presented by Universitas Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Jelajah Daerah: Jakarta » Foto » Bola Gebok
Foto: Bola Gebok
Jakarta
Bola Gebok

Bola Gebok

[2016-11-15 22:38:50, view 6680]

Bola gebok adalah suatu permainan yang sangat populer di kalangan anak-anak di sekitar wilayah Ciracas maupun Pasar Rebo Jakarta Timur. Kata gebok bisa diartikan sebagai menimpuk. Sesuai namanya dalam permainan ini, si pemain akan melempar bolanya ke tiap arah sasaran. Permainan bola gebok biasa dimainkan di lapangan yang luas dengan jumlah pemain sekitar 4-5 orang berikut pula seorang wasit

Peralatan dalam Permainan Bola Gebok

Biasanya permainan bola gebok dimainkan oleh anak-anak  pada siang atau sore hari saat cuaca cerah. Peralatan utama adalah bola gebok yang dibuat sendiri. Untuk bahan yang dipakai untuk membuat bola gebok biasanya diambil dari bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal. Bahan yang digunakan adalah berupa daun atau pelepah pisang kering yang digulung-gulung hingga membentuk bola kasti. Gulungan yang berbentuk bola kemudian diikat dengan menggunakan tali.

Pola Permainan Bola Gebok

Dalam permainan bola gebok, para pemain berlomba-lomba memasukkan bola ke dalam lobang sebanyak tiga kali. Pemain yang gagal, maka ia yang menjadi sasaran gebok. Wasit bertugas untuk mengawasi bahwa bagian yang kena timpuk adalah yang sudah ditentukan. Karena jika ada pemain yang menimpuk pemain lainnya di bagian tubuh selain yang sudah ditentukan, maka ia yang akan jadi sasaran gebok.
Yang menarik dari permainan ini, jika pemain yang jadi sasaran gebok bisa menjepit bola dengan kedua belah pahanya dan memasukkan bola ke lobang peserta lain, maka peserta lain yang lobangnya dimasuki bola gebok berhak mendapat lima kali gebok dari peserta yang sebelumnya digebok.