Beautiful Indonesia

Collected and Presented by Universitas Muhammadiyah Malang

you are here: Home » Jelajah Daerah: Jakarta » Foto » Gelindingan
Foto: Gelindingan
Jakarta
Gelindingan

Gelindingan

[2016-11-15 22:44:58, view 1433]

Memanfaatkan bahan yang tersedia di alam untuk membuat sebuah permaianan. Hal krealtif  itulah yang dilakukan anak-anak Betawi pada masa dulu ketika mereka ingin bermain gelindingan, mereka akan memanfaatkan kulit jeruk untuk membuat mobil-mobilan.Dengan permainan yang seadanya, anak-anak tersebut sudah bisa bermain ceria bersama teman-temannya. Namun, seiring  perkembangan jaman, tidak ada lagi lahan terbuka untuk tempat anak-anak bermain gelindingan dan bahkan  permainan ini mulai tergusur dan tergantikan dengan keberadaan permainan modern seperti mobil-mobilan yang menggunakan remote control.

Sejarah Permainan Gelindingan

Gelindingan berasal dari kata”gelinding”yang artinya mengacu kepada benda-benda yang berbentuk silindris atau lingkaran. Benda benda tersebut difungsikan seperti mainan roda yang bisa digelindingkan. Tidak ada informasi yang  jelas mengenai kapan permainan ini muncul, di mana, dan siapa yang memperkenalkannya. Intinya, permainan ini sudah ada sejak jaman Belanda dan sempat menghilang ketika jaman Jepang.

Cara Membuat Mainan Gelindingan

Pada jaman dahulu, pohon pepaya kerap digunakan untuk permainan ini dengan dipotong-potong sepanjang 20 cm sehingga terbentuk silinder dengan lobang di tengahnya. Sebagai tangkai dan parasnya, digunakan pelepah daun salak yang dimasukkan ke dalam lobang silindris. Permainan gelindingan juga bisa memanfaatkan media lain seperti  lingkaran besi roda sepeda bekas digunakan sebagai alatnya, menggantikan silindris daun pepaya dan tongkat untuk dimasukkan ke dalam lobang.

Cara Bermain Gelindingan

Cara bermainnya adalah anak-anak berlomba-lomba menjalankan roda tersebut (baik dengan cara didorong maupun ditarik) dan menjaga keseimbangan agar tetap di lintasan. Permainan  ini bisa dilakukan secara individu atau beramai-ramai. Sangat seru jika banyak anak bermain gelindingan dan mereka berlomba-lomba menjaga gelindingan mereka berada di lintasan hingga mencapai garis akhir. Terkadang permainan ini dilakukan sambil mengerjakan kegiatan lain seperti ketika  pergi ke warung, mengantar titipan dan sebagainya. Permainan gelindingan juga bisa divariasikan dengan membuat mobil-mobilan sederhana dari kulit jeruk Bali, atau potongan bambu dan papan.